Tuesday, February 24, 2015

Persamaan dan Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Persamaan dan Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan - Seperti yang kita ketahui, dilihat dari definisinya, akuntansi keuangan merupakan suatu bentuk laporan yang berfungsi sebagai alat manajemen untuk memantau atau mencatat semua aktivitas transaksi berupa biaya secra sistematis. Tidak jauh berbeda dengan akuntansi keuangan, akuntansi manajemen juga merupakan suatu bentuk laporan yang berfungsi sebagai penyedia informasi keuangan dalam suatu perusahaaan untuk dapat mengambil keputusan, akan tetapi perbedaan nya jika akuntansi keuangan digunakan di luar perusahaan, sedangkan akuntansi manajemen digunakan sebagai motor informasi keuangan manajemen. 

Berikut penjelasan secara rinci perbedaan dan persamaan antara akuntansi manajemen dan keuangan 

Persamaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

- Berfungsi sebagai sistem olah informasi keuangan yang menghasilkan informasi atau laporan keuangan
- Berfungsi sebagai sumber informasi keuangan untuk pengambilan keputusan

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

- Pemakai laporan akuntansi dan tujuannya
a. Akuntansi keuangan dapat dipakai untuk orang-orang external perusahaan terkait, sebagai contoh, pemegang saham, pelanggan, analis keuangan, dsb
Hal ini ditujukan untuk alat pengambil keputusan terkait hubungan antar perusahaan yang bersangkutan, seperti pembelian saham, memperluas kredit dan syarat pemberian kredit, serta penetapan jumlah pajak penghasilan yang sifatnya wajib bagi setiap perusahaan.
b. Akuntansi manajemen berfungsi untuk mengaplikasikan informasi keuangan untuk keperluan manajemen

Hal ini ditujukan sebagai alat untuk para manajer pemasaran apakah dia akan membeli produk yang telah ditawarkan oleh seorang pedagang atau tidak. Sedangkan untuk manajer produksi, hal ini berguna untuk mengetahui informasi biaya produksi agar produk terdorong menjadi produk yang efisien.

- Lingkup Informasi
a. Akuntansi keuangan menyediakan seluruh informasi yang ada
b. Akuntansi Manajemen menyediakan seluruh informasi yang ada juga, namun terbatas pada informasi internal dari perusahaan terkait.

- Fokus Informasi
a. Akuntansi keuangan terfokus kepada informasi masa lalu sebagai alat pertanggungjawaban dana yang harus diperlukan oleh pihak luar ke[ada manajemen perusahaan
b. Akuntansi manajemen terfokus kepada informasi masa yang akan dating

- Rentang waktu
a. Akuntansi keuangan bersifat tidak fleksibel, maksudnya akuntannsi keuangan memiliki rentang waktu yang sudah ditentukan oleh pihak perusahaan. Biasanya 1 tahunan, 1semester, q kuartal, atau 1 bulan.
b. Akuntansi manajemen bersifat fleksibel, maksudnya rentang waktunya tidak dapat ditentukan, bias saja harian, minguan, atau bulanan.

- Kriteria bagi informasi akuntansi
a. Hasil informasi yang diperoleh akuntansi keuangan disusun berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yag lazim
b. Hasil informasi yang diperoleh akuntansi manajmen tidak terbatas pada prinsip-prinsip yang lazim. Jadi kriteria yang digunakan adalah mengacu pada manfaat bagi manajemen terkait. Hal ini didasarkan pada logika dan pengalaman, bukan atas dasar diterima atau tidaknya informasi tersebut secara umum.

- Disipin  sumber
a. Akuntansi keuangan dasarnya menganut prinsip prinsip pengambilan keputusan 
b. Akuntansi manajemen mendasar pada perilaku social dan psikologi manusia sehingga terpusat kepada prinsip prinsip yang membimbing keppada prilaku manusia da organisasi

- Isi laporan
a. Akuntansi keuangan menghasilkan laporan keuangan periodik. Pada umumnya terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan laba ditahan, dan laporan perubahan posisi keuangan untuk periode tertentu secara keseluruhan.
b. Akuntansi manajemen berisi tentang laporan keuangan yang berhubugan dengan jenjang organisasi pada umumnya informasi yang rinci mengenai perusahaan

- Sifat informasi
a. Akuntansi keuangan menuntut ketepatan atau akurasi informasi
b. Akuntansi manajemen menuntut ketetapan atau akurasi presiksi yang akan datang


1 comment:

  1. Artikel yang jelas dan padat, sedikit saya tambahin ya, Akuntansi biaya dan akuntansi manajemen keduanya adalah dua bagian penting dari akuntansi. Keduanya membutuhkan pengetahuan dasar-dasar akuntansi, menggunakan beberapa teknik atau proses serupa, dan membantu memastikan operasi yang efisien dan efektif dari suatu organisasi.

    ReplyDelete