Tuesday, February 24, 2015

Cara Mencuci dan Merawat Jas

Cara Mencuci dan Merawat Jas - Mencuci adalah hal yang mudah dilakukan, apalagi kalau cuma mencuci kaos atau baju sehari-hari. Tetapi bagaimana kalau kita mau mencuci pakaian yang tidak biasa seperti jas? tentunya proses mencuci nya pun berbeda dengan baju-baju atau kaos-kaos biasa. Salah-salah jas kepunyaan kita malah rusak karena proses mencuci yang salah. Untuk menghindari hal itu, saya mencoba untuk membagi cara atau tips mencuci dan merawat jas. Yuk cekidot.

Pertama-tama, kenali bahan jas yang mau dicuci, apakah wool, drill, bludru, safari, katun, dsb. Karena bahan jas itu macam-macam maka cara pencucian nya pun bias berbeda.

Kedua, setelah mengenali bahannya, kita langsung ke proses pencucian. Disini ada 2 jenis proses pencucian yaitu wet-cleaning (mencuci dengan air) atau dry-cleaning (mencuci dengan menggunakan bahan kimia seperti sulvent). Untuk bahan seperti katun, safari, atau drill bisa menggunakan teknik wet-cleaning dan bisa menggunakan deterjen biasa, namun jangan terlalu lama di rendam karena akan merusak kain tersebut. Nah, untuk jas yang berbahan wool, disarankan menggunakan teknik dry-cleaning atau menggunakan cairan kimia berupa solvent. Hal ini dilakukan untuk mencegah bahan wool sampai rusak akibat terkena air, biasanya mengkerut.

Ketiga, kita harus memperhatikan teknik menyetrika jas. Sebaiknya pada saat mau menyetrika jas, kita memperhatikan kelembaban jas tersebut. Karena proses menyetrika yang baik itu pada saat jas lembab namun tidak terlalu basah. Hal ini dilakukan karena bahan jas yang mudah halus ketika di setrika. Kalau pada saat ingin menyetrika posisi jas sudah sangat kering, anda bisa menyemprotkan air ke permukaan jas. Kemudian usahakan pada saat menyetrika jangan terlalu lama menempelkan permukaan setrika ke permukaan kain jas, hal ini dapat menimbulkan bekas terbakar pada jas anda, apalagi jas dengan bahan kain wool, karena bahan wool ini sangat cepat menerima panas, jadi hindari terlalu lama menempelkan permukaan setrika pada jas anda. Sebenarnya ada cara yang lebih praktis dalam menyetrika jas, yaitu menggunakan setrika uap. Kenapa setrika uap ini dibilang praktis? Karena panas yang dihantarkan sangat stabil sehingga kita tidak perlu khawatir akan noda terbakar yang bisa disebabkan terlalu lama menempelkan permukaan setrika biasa. 

Keempat, menggantungkan jas dalam lemari. Sebaiknya jas yang sudah dicuci jangan sampai dilipat, karena akan menimbulkan lipatan yang tidak enak dilihhat. Usahakan setelah menyetrika jas, jas tersebut digantung di dalam lemari menggunakan hanger. Dan jangan lupa memasang plastik agar terhindar dari jamur dan bisa mempertahankan kelembaban jas.

Itulah sedikit pengetahuan saya tentang cara mencuci dan merawat jas kesayangan. Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Bntu donk buat cuci jas beludru ... tkut rusak ni .. brodolin soalny

    ReplyDelete