Wednesday, February 25, 2015

Cara Menghilangkan Baret atau Goresan dan Jamur Pada Kaca Mobil

Cara Menghilangkan Baret atau Goresan dan Jamur Pada Kaca Mobil - Dalam artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara menghilangkan baret atau goresan pada kaca mobil dan jamur yang membandel pada saat cuaca yang tidak menentu.

Pertama menghilangkan goresan atau baret pada kaca mobil

Masalah yang lumayan sering dihadapi bagi pengguna mobil adalah adanya baret atau goresan di permukaan kaca mobil. Hal ini memang tidak membatasi fungsi dari kaca tersebut, yaitu untuk meghalangi benda asing dan untuk menghalau angin pada saat berkendara. Namun baret atau goresan ini akan menghalangi pandangan kita, sehingga bisa membahayakan dan tidak fokus pada saat berkendara. 

Mungkin terlihat sepele pada saat ada baret atau goresan pada kaca mobil kita. Untuk mengatasainya kita tinggal pergi ke bengkel dan tinggal tunggu duduk manis sambil baca koran di pojokan ruang tunggu ditemenin sama minuman sampai semua kelar. Namun kalau kalian malas keluar atau sedang tidak mau mengeluarkan uang, kalian bisa mencoba tips cara menghilangkan baret atau goresan pada kaca mobil berikut.

Pertama siapkan bahan-bahan nya
Bahan bahan yang harus disiapkan tidak terlalu banyak kok, kita hanya perlu bubuk poles kaca atau biasa disebut cerium oxide (bisa ditemukan di toko-toko perlengkapan akesoris mobil). Kemudian kita perlu amplas halus, polish pad berbahan felt, alat untuk pemolesan seperti bor beserta backing berukuran 3 atau 4 inchi, penyemprot air, lap, selotip, terakhir koran atau kertas bekas.

Nah berikut langkah-langkah nya

Pertama, bilas kaca mobil dengan air kemudian lap permukaan nya dengan lap yang telah disediakan. Lalu raba kaca mobil dengan tangan, kalu kalian menemukan baret atau goresan segera gunakan amplas halus lalu amplas area tersebut perlahan dengan arah memotong agar kaca tidak rusak.

Kedua, setelah proses pengamplasan selesai, bilas kembali kaca mobil dengan air kemudian keringkan menggunakan lap. Gunakan selotip di bagian ujung-ujung kaca untuk menghindari body mobil dari cipratan cairan poles yang akan digunakan. Kalau body sudah terkena cipratan cairan poles, cat body mobil bisa rusak karena sangat susah dibersihkan kalu sudah kering. Sayang kan niat nya mau bersihin kaca malah body nya juga kena noda.

Ketiga, lanjut ke proses persiapan bubuk poles. Cairkan bubuk poles kaca cerium oxide memakai air yang bersih. Campur terus sampai cairan tidak terlau cair ataupun padat. Hal in dimaksudkan untuk proses pemolesan secara cepat dan efektif karena jika telalu cair sifat abrasif akan membuat proses terasa lama dan memakan waktu sehingga pemolesan tidak akan berjalan secara sempurna.

Keempat, proses memoles. Siapkan bor backing pad yang sudah dipasangi polish, kemudian olesi kaca dan pad menggunakan cairan poles. Lakukan pemolesan dengan gerak perlahan di seluruh bagian kaca mobil dan hindari memoles pada satu bagian terlalu lama. Kemudian beri sedikit tekanan pada bagian yang terkena baret agar menghilangkan noda yang telah di amplas tadi dan jangan lupa untuk menyemprotkan air pada saat memoles agar kaca tidak retak atau bergelombang dikarenakan panas akibat proses gesekan. ulangi proses memoles sampai baret atau goresan memudar, kalu bisa beri cairan poles kembali kalau dirasa cairan nya sudah kering.

Kelima, proses finishing. Setelah proses memoles dirasa sudah selesai, lap kaca mobil tersebut menggunakan lap chamois agar terlihat seperti baru.

Nah setelah menjelaskan cara meghilangkan baret atau goresan pada kaca mobil, sekarang kita akan menjelasan bagaimana cara menghilangkan jamur yang membandel di kaca mobil.

Menghilangkan jamur yang membandel pada kaca mobil

Musim yang tidak menentu, terkadang panas kemudian tiba-tiba saja hujan. Hal ini dapat menimbulkan jamur yang bersarang di kaca mobil kita. Jamur bisa membuat kaca mobil terlihat buram sehingga bisa menghalangi pandangan kita saat berkendara.

Sebelum memulai proses pembersihan, kita harus memperhatikan bahan yang harus disiapkan. Pertama kita harus mempersiapkan cairan kimia pembesih jamur. Tapi hati-hati karena tidak semua kaca mobil cocok dengan cairan pembersih yang biasa menggunakan bahan ammonia (senyawa nitrogen dan hydrogen). Ada jenis kaca yang tidak cocok dengan bahan tersebut, contohnya tipe tinted windows sehingga bisa berakibat membuat kaca tesebut semakin buram bukan semakin bersih. Untuk mengetahui spesifiasi mobil, kalian bisa melihat di bagian sudut bawah kaca atau meliha pada label produk tersebut, apakah ammonia free atau safe for tinted wondows.
Oke langsung saja kita perhatikan langkah-langkah menghilangkan jamur yang membandel pada kaca mobil

Pertama-tama, pilih tempat yang teduh pada saat akan mencuci kaca mobil. Hindari kontak langsung sinar matahari supaya pada saat memoles kaca, cairan tidak cepat kering dan menghindari residu yang berakibat miunculnya flex di permukaan kaca.

Kedua, setelah memilih tempat, siram kaca dengan air bersih, lalu bersihkan dengan lap.

Ketiga, siapkan cairan kemudian oleskan atau semprotkan secara merata. Kemudian usap kaca menggunakan lap, kalau bisa menggunakan kain microfiber ketika mengusap kaca untuk mendapatkan hasil maksimal. Dahulukan membersihkan kaca dengan tigkat kesulitan yang tinggi. Biasa nya kaca depan terlebih dahulu. Jangan khawatir cairan mengalir ke body mobil, jika mengalir langsung bilas dengan air. Lakukan berulang-ulang proses pemolesan sehingga sudah yakin semua bagian kaca telah bersih dari jamur.

Keempat, jika  sudah selesai basuh dengan air kemudian lap dengan lap kering.


No comments:

Post a Comment