Tuesday, February 24, 2015

Cara Simple Mencuci Karpet Secara Manual

Cara Mencuci Karpet – Kalau kita membayangkan akan mencuci kapet pasti kita sudah malas duluan untuk melakukan nya. Namun mencuci karpet tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Yang kita butuhkan cuma beberapa alat dan semacam shampoo untuk membersihkan nya serta ditambah sedikit niat supaya tidak malas (kidding). Nah lengkapnya mari kita simak langkah-langkah cara mencuci karpet berikut.

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mencuci karpet adalah menbersihkannya dari debu. Kita bisa membersihkan nya secara manual mengunakan sapu lidi atau dengan cara modern dengan menggunakan vaccum cleaner. Saya sarankan memakai vaccum cleaner wet and dry karena debu yang hilang lebih merata, selain itu dapat membersihkan kotoran berupa air yang terdapat di karpet.

Langkah kedua adalah membentangkan karpet pada jemuran. Saran saya gunakan jemuran yang kuat untuk menyangga karpet tersebut. Karena berat karpet pastinya akan bertambah kalu terkena air.

Langkah ketiga adalah menyemprot karpet dengan air. Gunakanlah penyemprot air bertekanan tinggi untuk menbersihkan karpet, hal ini ditujukan untuk memaksa kotoran-kotoran yang menempel di karpet agar keluar semua. Saya sarankan menggunakan alat kompresor air yang biasa digunakan untuk mencuci motor atau mobil.

Langkah keempat adalah menggunakan shampoo khusus untuk karpet. Setelah membasuh dengan air mulai gunakan shampoo khusus karpet, saya sarankan agar hati-hati dalam pemilihan shampoo ini karena jika kalian salah memilih shampoo misal mengandung bahan pemutih sedangkan kalian tidak mencuci karpet warna putih, maka warna karpet tersebut akan rusak warna nya. Sayang kan karpet nya apalagi kalau karpet nya mahal.

Langkah kelima adalah menyikat karpet. Setelah memberikan shampoo, sikat karpet dengan sikat yang berbulu lembut. Dalam proses menyikat ini harus dilakukan dengan cara hati-hati agar bulu karpet tidak rusak atau kasar. Kalu bisa hanya pakai tangan pada saat membersihkan karpet.

Langkah keenam adalah proses membilas. Bilaslah karpet dengan menggunakan tekanan air kecil sampai busa yang terdapat hilang. Ulangi proses ini sampai busa dan kotoran benar-benar hilang.

Langkah ketujuh adalah menjemur karpet. Jangan jemur karpet di ruangan terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini dapat merusak bulu karpet sehingga menjadi kasar. Jemurlah karpet di dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang bagus agar karpet tidak bau.

Langkah kedelapan adalah menggunakan baking soda. Jika karpet sudah kering, taburkan baking soda beberapa menit ke permukaan karpet. Setelah itu bersihkan menggunakan vaccum cleaner. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau dan menyerap kelembaban supaya karpet terasa nyaman pada saat digunakan.
Nah itulah langkah-langkah cara mencuci karpet secara manual. Semoga bermanfaat. 

1 comment: