Thursday, February 26, 2015

Cara dan Tips Membersihkan Mesin Mobil Yang Aman

Cara dan Tips Membersihkan Mesin Mobil Yang Aman - Tidak seperti membersihkan body nya, dalam membersihkan bagian mesin mobil ini memang dibutuhkan ketelitian. Salah-salah jika komponen listrik terkena air akan menjadi masalah. Maka itu ada hal yang perlu di perhatikan sebelum mulai mencuci mesin mobil. 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menghangatkan mobil. Ingat, menghangatkan ya, bukan memanaskan. Setelah mesin dirasa cukup hangat, tutuplah komponen-kompenen elektronik dan perapian, seperti delco atau distributor, kabel-kabel busi, dinamo starter, alternato. Biasa nya menggunakan aluminium foil untuk menutup komponen-komponen tersebut, kalau tidak ada aluminium foil, anda bisa menggunakan plastik.

Setelah menutup semua komponen-komponen diatas, langsung saja mulai proses penyemprotan. ada dua macam pembersih untuk mesin, yaitu engine clean (untuk membersihkan kotoran yang menempel) dan engine dressing (untuk mengembalikan komponen warna asli mesin). Langkah awal penyemprotan dimulai dari menyemprotkan cairan engine clean ke permukaan mesin. Hal ini dilakukan untuk merontokkan segala macam kotoran yang ada di mesin, missal oli, debu, gemuk, dan kotoran-kotoran yang lain nya.  Kalu dirasa kurang bersih, anda bisa menggunakan kuas untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh semprotan cairan engine clean. 
Setelah dirasa cukup menyemprotkan cairan engine clean, bilas mesin menggunakan air bersih. Setelah itu gunakan engine dressing untuk mengembalikan warna asli mesin mobil anda. Tutup kap selama lima menit, kemudian lap mesin tersebut sampai kering.

Tips Membersihkan Mesin Mobil

Hal yang harus diperhatikan adalah pada saat membersihkan mobil kita harus teliti, kalu bisa dibilang harus extra teliti dalam memperhatikan aspek penting yang ada di dalam mobil seperti omponen-komponen logam, karet, dan komponen elektronik.
Jaga busi mobil anda, jangan sampai ada tetesan air yang masuk ke dalam busi, serta jaga komponen kelistrikan. Hal ini akan sangat berbahaya sehinga mobil bisa saja tidak bisa hidup jika komponen tersebut kemasukan air. Ditambah lagi mobil-mobil sekarang sangat tergantung terhadap komponen listrik seperti ECU.

Terakhir, disarankan menggunakan cairan yang disebutkan di atas pada saat mencuci mesin mobil. Cairan di atas saya rekomendasika karena lebih aman untuk komponen-komponen mesin mobil yang sensitif.

No comments:

Post a Comment